Souvenir

Tips Tidur Nyenyak

Foto oleh Min An melalui Pexels

Mesin yang dijalankan terus-menerus tanpa henti rentan rusak akibat overheat. Begitupun manusia.

Mengibaratkan mesin dengan manusia adalah cara tepat untuk membuat kita sadar bahwa tubuh kita perlu istirahat, karena pandemi COVID-19 ini membuat tubuh kita bekerja lebih keras dibandingkan sebelumnya. Jam kerja kita mengalami peningkatan dan seringkali kita bekerja sambil melakukan pekerjaan rumah, mulai dari mencuci pakaian hingga memasak. Ini semua dapat membuat Anda jatuh sakit akibat kelelahan.

Anda mungkin berpendapat bahwa makan tiga kali sehari cukup untuk mengisi perut, mengembalikan energi dan menghindari Anda dari sakit, tapi Anda cenderung melupakan satu hal penting lainnya: tidur yang baik di malam harinya.

Lalu, bagaimana Anda bisa mendapatkan “tidur yang baik” ini?

Anda perlu memastikan kedua hal berikut:

  • Kondisi kamar tidur
  • Aktivitas sebelum tidur

Cara Anda mengatur suasana kamar tidur akan berdampak pada kualitas tidur. Usahakan kamar Anda gelap, sejuk dan tidak membuat Anda ingin melakukan aktivitas lainnya selain tidur.

Gunakan gorden atau penutup jendela lainnya dan matikan sumber cahaya lainnya, seperti lampu dari perangkat elektronik. Selain itu, atur kesejukan ruangan dan pastikan tujuan Anda masuk ke kamar tidur hanyalah untuk tidur.

Menyiapkan kamar tidur belum menjamin Anda dapat tidur dengan nyenyak dalam sekejap. Anda perlu memastikan sudah menyelesaikan semua aktivitas di rencana kegiatan atau to-do list Anda.

Selain itu, hindari makan atau minum sekitar dua (2) jam sebelum tidur. Jika sudah terbiasa tidak makan dan minum sebelum tidur, maka Anda bisa berolahraga sejenak. Tapi ingat, tidak dilakukan sekitar dua (2) jam sebelum tidur.

Terakhir dan yang terpenting adalah batasi penggunaan perangkat elektronik. Cahaya dari layar, baik di gawai maupun di perangkat elektronik dapat mempersulit Anda yang menginginkan tidur yang berkualitas.

Apa yang harus saya lakukan kalau belum bisa tidur juga?

Ini adalah pertanyaan yang saya pun masih suka menanyakannya ke diri saya sendiri. Cobalah tenangkan diri. Anda bisa mencoba meditasi atau beribadah. Kosongkan pikiran dan lemaskan otot-otot agar Anda jadi lebih rileks dan perlahan tertidur.

Tips tambahan: Baca do’a sebelum tidur efektif untuk saya. Mungkin Anda ingin mencobanya juga 😊

Jadikan tidur yang berkualitas sebagai prioritas. Dengan ini, maka Anda jadi lebih siap beraktivitas di esok hari. Di masa pandemi COVID-19 ini, saya yakin Anda pasti Lelah menjalani hari-hari. Maka dari itu, ayo, kita sama-sama perbaiki tidur kita agar tubuh dan pikiran kita sehat, sehingga hidup kita jadi jauh lebih berkualitas.

Sumber: Pengalaman pribadi dan e-mail yang saya terima. Saya coba cari tapi belum ketemu juga 😦


*Nantikan tulisan saya tentang tidur yang akan saya muat dalam waktu dekat. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s